Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemuliaan dan Keistimewaan Bulan Rajab 2019

Kemuliaan dan Keistimewaan Bulan Rajab 2019 yang harus dikenal oleh setiap muslim dimanapun berada, merupakan informasi yang penting diketahui dari sekarang, agar bisa mengisi bulan rajab di tahun 2019 ini lebih hidmat dan lebih memiliki makna yang mendekatkan kita kepada Allah swt.

Kemuliaan dan Keistimewaan Bulan Rajab 2019


Salah satu bulan penanggalan dlm kalender Islam adlah bulan Rajab. Bulan ini begitu dinanti-nanti dikeranakn bnyaknya keistimewaan yng trkndung di dlmnya. Bahkn dri namanya saja sudah mnunjukkn bahwa bulan ini begitu dihormati.

Rajab brasal dri kata tarjib yng mmiliki arti ‘trhormat’. Tak heran jika setiap muslim begitu mngharapkn bulan ini segera datang. Brikut adlah 3 keistimewaan bulan Rajab yng hrs kita ketahui.

1. Bulan Rajab Adlah Bulan Haram

Bulan Rajab merupakn salah satu dri empat bulan yng diharamkn. Dgn kata lain, bulan Rajab merupakn bulan yng istimewa dan brbda dri bulan-bulan lainnya.

Alloh Ta’ala tlah brfirman:
“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Alloh itu ada 12 bulan. Seluruhnya dlm kettpan Alloh di hari Dia mnciptakn langit dan bumi. Di antara (12 bulan) itu trdpt empat bulan haram. Itulah (kettpan) agama yng lurus, maka jgnlah kamu mndzalimi dirimu dlm bulan yng empat itu..” (QS At Taubah 36)

Sehngga arti dri bulan haram disini adlah haram utk saling mnyakiti dan saling mnumpahkn darah. Kecuali mmang jika pihak dri musuh dahulu yng pertama kali melakuknnya, maka kita diperblehkn utk mmbalasnya. Selain itu bulan trsebut jg hrs brsih dri perbuatan dosa kerana dosa ketika itu jauh lebih bsar. Dan pahala ketika bramal shaleh di bulan itu jauh lebih bsar dripda bulan yng lain, kecuali bulan Ramadhan.

Dri kutipan Ibnu Abbas, Ibnu Katsir mnulis, “Sesungguhnya mngerjakn perbuatan dzalim di bulan-bulan haram, maka dosa dan sanksinya jauh lebih bsar dibandingkn melakukn perbuatan dzalim di bulan-bulan yng lain.”

2. Bulan Yng Dekat Dgn Ramadhan

Sungguh apabila kita tlah mncapai bulan Rajab, maka alangkah dekatnya dgn bulan Ramadhan. Keduanya hanya trpisah oleh satu bulan saja yaitu bulan Sya’ban. Para ulama yng wara’ jg bnyak yng mmpersiapkn diri mnyambut bulan Ramadhan semnjak bulan Rajab. Hal ini tlah diabadikn dlm doa ketika masuk bulan Rajab yng sudah bnyak kita ketahui.

“Ya Alloh brkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban serta brkahilah kami dlm bulan Ramadhan.” (HR Ahmad)

Itulah doa yng senantiasa diucapkn oleh bnyak ulama sebagai cara utk mndptkn kebrkahan atas tiga bulan yng brturut-turut trsebut. Dgn doa itu pula mnjadi pengharapan agar bulan Ramadhan bisa mrka raih dgn penuh kesempurnaan takwa.

3. Bulan Rajab Adlah Bulannya Isra Mi’raj

Bulan Rajab selalu tringat oleh umat Islam dikeranakn di dlmnya trdpt peristiwa yng sangat dahsyat. Sebuah peristiwa dimana hanya Abu Bakar Ash Shidiq saja yng mmpercayainya yakni peristiwa isra Mi’raj yng mnjadi jembatan perintah shalat secara langsung dri Alloh kepda Nabi Muhammad ShallAllohu ‘Alaihi Wasallam.

Jika perintah lainnya hanya melalui malaikat Jibril, maka perintah shalat langsung Alloh tunjukkn kepda Rasulullah sebagai bukti bahwa shalat merupakn ibadah yng istimewa dan lebih diutamakn.


Kerananya sudah sepatutnya kita lebih mngintropeksi diri di bulan Rajab ini utk lebih mmperbaiki shalat wajib yng kita lakukn agar tidak asal mngerjakn saja, melainkn mnjadi pondasi yng kuat utk melakukn kebaikn dan ibadah yng lain.
WAllohu A’lam

Posting Komentar untuk "Kemuliaan dan Keistimewaan Bulan Rajab 2019"